Search This Blog

> Belajar Matematika dan Sains Menyenangkan

Wednesday, November 24, 2021

Blog Terbengkalai? Ini 3 Tips Supaya Serius Merawat Blog

Blog ini saya buat sudah lama sekali. Beberapa kali membuat blogpost, lalu lupa, tidak punya waktu, sok sibuk, jadi terabaikan, deh.
Sebetulnya selalu ingin bisa serius merawat blog, namun apa daya kalah dengan segudang kesibukan, salah satunya sibuk rebahan… ups!
Tapi, beberapa waktu lalu saya meniatkan diri untuk kembali menghidupkan blog terbengkalai saya, karena butuh wadah untuk menulis. Dari niat mewujudkan keseriusan menulis ini, saya mulai mencari-cari, bagaimana menjalankan blog yang sudah lama tidak dirawat, supaya membawa manfaat.
Dan lucky me, saya bertemu dengan Mbak Karunia Sylviany dan Mbak Malica Ahmad, yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia per-blogger-an. Melalui kelas yang diampu Mbak Nia ini, saya mendapatkan beberapa tips supaya serius merawat blog.

1. Tentukan Tujuan Membuat Blog
Adalah matematika dan sains yang membuat saya tertarik sejak sekolah dulu. Tertarik karena saya senang berhitung dan melakukan percobaan. Tertarik karena saya bisa menerapkan atau melihat fenomena matematika-sains dalam kehidupan sehari-hari, di sekitar kita. Tertarik karena saya tidak perlu banyak menghafal materi pelajaran yang terlalu textbook. Iyes, saya tidak pintar menghafal dan pelupa… hehe. Meski di dua ilmu pasti itu ada teori dan rumus yang harus dipelajari juga, saya lebih semangat dong.
Kesukaan itu yang ingin saya simpan di blog ini, sukur-sukur bisa membawa manfaat buat orang lain. Bahwa matematika dan sains itu tidak semenakutkan yang biasa didengar. Bahwa matematika dan sains itu bisa dipelajari dengan cara yang asyik.
Tujuannya agak muluk-muluk, tapi nggak apa kan, diusahakan tercapai saja. Semangat… ^^

2. Gunakan Blog Berdomain
Blog, bisa gratis, bisa berbayar. Saya memutuskan untuk menggunakan blog berdomain, berbayar, ya.
Mengapa blog berdomain? Berikut beberapa keuntungan punya blog berdomain:
> Untuk branding, supaya lebih dikenal sebagai apa dan siapa. Pilihan nama blog yang unik, akan lebih gampang diingat dan tentu saja lebih keren dong.
> Terlihat lebih profesional, membuat pembaca lebih percaya pada artikel yang kita tulis. Meskipun sebagai pembaca tetap harus berusaha menyaring informasi yang diterima, dan sebagai penulis tetap berusaha memberikan kebenaran.
> Semakin semangat menulis. Kalau sudah berbayar, mosok tidak dimanfaatkan? Sayang, kan uang emak terbuang sia-sia… hehehe. Sebagai penyemangat juga supaya saya tidak mengabaikan yang sudah diniati.
> Makin mudah masuk ke mesin pencarian. Konon, google akan lebih senang merekomendasikan artikel dari blog berdomain, sehingga saat ada yang mengetikkan kata kunci, artikel yang bersangkutan bisa mendapat urutan lebih atas.
> Lebih berpeluang menghasilkan uang, karena hampir semua klien mencari blog berdomain untuk mempromosikan jasa mereka. Selain itu lomba-lomba blog juga sebagian mensyaratkan blog Top Level Domain untuk bisa ikut di event mereka.

3. Konsisten Menulis
Dari kedua tips di atas, ini yang paling sulit. Menyediakan waktu khusus untuk menulis blogpost susah-susah gampang. Biasanya selalu saja ada alasan untuk menunda, entah tidak punya waktu, entah tidak ada ide, khusus emak, setrikaan menumpuk, nonton drakor, antar-jemput anak sekolah dan entah-entah yang lain.
Konon, para blogger selalu bilang, konsisten tidak harus langsung tiap hari. Buat seminggu sekali dulu. Nanti kalau sudah jadi kebiasaan, ditingkatkan lagi, dan seterusnya sampai bisa konsisten sehari sekali, ya. Kepinginnya..

Jadi, begitulah 3 tips yang bisa saya bagikan sementara ini. Harapan saya, saya pun jadi makin semangat merawat blog terbengkalai saya, supaya bisa membawa banyak manfaat ke depannya. Salim.. _/\_

5 comments:

7 Langkah Mudah Membuat Yoghurt Rumahan Sendiri

  Siapa yang tidak tahu yoghurt? Yoghurt, berasal dari bahasa Turki, yo ğ urt (dieja yogurt) adalah produk hasil olahan susu yang dibuat ...