Search This Blog

> Belajar Matematika dan Sains Menyenangkan

Saturday, January 8, 2022

Percikan Warna-warni Cantik Kembang Api

 

Halo, Teman-teman. Selamat Tahun Baru 2022! ^^

Masih awal bulan Januari, suasananya masih berasa tahun baru, ya! Berbicara soal tahun baru, ada yang tidak pernah ketinggalan di momen tutup dan buka tahun. Apa ya, kira-kira?

Iyes, betul sekali! KEMBANG API. Yang membuat suasana meriah, yang bikin melankolis, yang bikin romantis dan hangat. Uuuuu..

 


 

Nah, sekian tahun dan berulang kali menikmati kembang api, apakah teman-teman tahu cara kerja kembang api? Apa yang menjadikan kembang api indah, dan berwarna-warni?

Kembang api sangat berhubungan dengan ledakan, hanya saja, menggunakan bahan peledak yang berdaya rendah dan dirancang sedemikian rupa agar menghasilkan cahaya yang berwarna-warni, serta efek-efek yang menjadikan kembang api semakin tampak indah.

Hasil ledakan dari kembang api yang bisa kita rasakan berupa suara, cahaya, asap dan yang paling menghibur adalah taburan serbuk bintang yang berkilauan.

 

Cara Kerja Kembang Api

Kembang api menggunakan bahan peledak yang berdaya ledak ringan, seperti belerang atau hidrokarbon padat. Bahan peledak ini dicampur dengan serbuk bintang, lalu dimasukkan ke dalam selongsong kertas yang diberi sumbu. Apabila sumbu dibakar, api akan membakar bahan peledak, lalu kembang api melesat ke udara dan terjadilah ledakan. Selanjutnya, ledakan itu akan membakar serbuk bintang dan bahan pewarna yang apabila terbakar akan menghasilkan percikan api bercahaya dan berjurai-jurai yang indah berwarna-warni.

 

Warna-warni Kembang Api

Warna-warni yang dihasilkan dari ledakan kembang api itu sendiri berasal dari senyawa-senyawa yang dimasukkan dalam serbuk bintang. Tiap warna yang dihasilkan membutuhkan senyawa yang berbeda-beda.

Misal senyawa logam tembaga (Cu) untuk warna biru, Stronsium (Sr) dan garam litium untuk warna merah, Barium (Ba) untuk warna hijau, Natrium (Na) untuk warna kuning, dan lain-lain.

 

Untuk kembang api yang digunakan pada acara-acara besar, biasanya ledakannya dibuat berkali-kali. Kembang api yang semacam itu, pewarnaannya dibuat berlapis. Caranya: bahan peledak dicampur dengan senyawa logam tembaga untuk warna biru, lalu dilapisi dengan bahan peledak yang dicampur dengan Stronsium untuk warna merah, dan seterusnya jika ingin banyak lapisan. Kembang api berlapis ini, jika dibakar sumbunya akan meledakkan lapisan pertama, lalu akan membakar sumbu lapisan kedua, mengakibatkan ledakan, lanjut membakar sumbu lapisan ketiga dan seterusnya. Jika ingin ledakan susulan sedikit lebih lama, sumbu dibuat lebih panjang supaya waktu ledakan mempunyai jeda yang diinginkan.

Selain kembang api dengan ledakan berlapis, ada juga yang sekali meledak langsung berwarna-warni. Untuk kembang api semacam ini hanya membutuhkan satu bahan peledak tapi dicampur dengan pewarna yang bermacam-macam. Jika meledak, warna yang dihasilkan akan beragam.

Selain senyawa logam yang memberi warna-warni indah pada kembang api, ada juga yang digunakan untuk memperindah tampilan kembang api, misal untuk memberi efek kilatan perak, kerlap-kerlip, asap yang berwarna-warni, dan lain-lain.

 

 
Foto oleh Kuananta Astra, sudah pernah diikutkan lomba foto sains.

 

Ada kembang api besar yang mewah, ada juga kembang api sederhana yang aman dimainkan anak-anak. Sudah pernah menyalakannya, kan? Iyes, kembang api stik, namanya.

Kembang api ini bisa juga dibuat sendiri, lho. Selain cara pembuatannya yang cukup sederhana, bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapatkan, bisa dibeli di toko bahan kimia atau berbelanja secara online.

Berikut bahan yang digunakan untuk membuat kembang api stik:

  • 6 gram serbuk besi baja
  • 1 gram belerang/ sulfur
  • 1 gram serbuk arang dari kayu/ charcoal
  • 9 gram serbuk sedawa (potasium nitrat)
  • Kawat tali
  • 10 cc lem kayu

Cara membuatnya:

  1. Haluskan dan campurkan serbuk besi baja, belerang, serbuk charcoal dan serbuk sedawa.
  2. Siapkan wadah plastik yang telah di isi dengan lem kayu.
  3. Celupkan kawat ke lem kayu, lalu celupkan ke campuran bahan-bahan yang telah dihaluskan tadi.
  4. Angkat dan tunggulah sampai kering.
  5. Bakar ujung stik yang telah dilapisi campuran, untuk menyalakan kembang api.

Tips menyalakan kembang api: jangan gunakan pemantik untuk membakar kembang api untuk menghindari luka bakar. Akan lebih baik jika menggunakan lilin supaya ada jarak ketika terjadi percikan.

Nah, teman-teman, jadi tahu kan bagaimana terjadinya warna-warni indah kembang api di angkasa. Dan, kita bisa mencoba sendiri membuat kembang api stik untuk dimainkan bersama keluarga.

Salam hangat..

 

Referensi:

sainskimia.com, Thohari Anwar, 2016. Ilmu Kimia dalam Warna Kembang Api.

pinterpandai.com, 2019. Kembang Api - Pengertian, Dampak, Bahan Kimia, Pembuatan, Warna.

ciptaantangan.com. Cara Membuat Kembang Api Murah dan Sederhana.

18 comments:

  1. Asiiik ada cara buat bikin kembang api. Honestly, suka bgt main kembang api dr kecil. Lebih seru klo ada videonya nih mba jd bs diliat gituh caranya mba octa bikin langsung serasa sy lagi didampingi mba octa heee.

    ReplyDelete
  2. Hihi...Nba Wulan pingin langsung praktek, ya. By the way, itu bahan2nya apakah dijual bebas dan mudah didapatkan?? Saya jg syeneng bngt liat kembang api

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara masih dijual bebas di toko bahan kimia, Mbak. Ada beberapa juga yang bisa didapat di toko online.

      Delete
  3. wadooooooh ini kalau anakku baca pasti langsung minta bikin kembang api sendiri hahahahaha.....karena lihat bahan-bahannya. menarik deh tulisannya jarang banget saya dapetin orang nulis tentang beginian, unik hihihihi.... nice post nih....

    ReplyDelete
  4. Artikelnya unik banget Mba.. bahkan dikasih cara buat kembang api. Postingannya bagus mba, lain daripada yang lain.. πŸ‘

    ReplyDelete
  5. Waah info yang menarik banget ini, Mbak. Aku aja nggak kepikiran buat nulis tentang kembang api. Btw, kalau bisa dibikin sendiri, kayaknya bahan-bahannya asing banget buat aku. Apa semua bahan ini dijual bebas, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara masih dijual bebas di toko bahan kimia, Mbak. Ada beberapa juga yang bisa didapat di toko online.

      Delete
  6. Suka sama artikelnya mb, jadinya ga cuma tahu gampang untuk menyalakan kembang apinya, tapi tahu bagaimana proses pembuatanya. Wow kalau warna warni, banyak senyawa ya.

    ReplyDelete
  7. Jadi tahu cara bikin kembang api warna-warni.Selama ini penasaran bagaimana kembang api dibuat. Apalagi yang ledakannya berlapis-lapis itu. Makasih infonya ya mba

    ReplyDelete
  8. makasih mbak info tentang kempang apinya wah anaanak saya suka liat kembang api tapi dia takut mendekat

    ReplyDelete
  9. wihhh jiwa kimiaku meronta-ronta membaca ini, untuk membuat kembang api semudah itu ya ampun, selama ini gak pernah mencoba buat kembang api sih aku. Bermanfaat sekali infonya mba.

    ReplyDelete
  10. Waduh bisa jadi buat kembang api sendiri nih tahun depan kok keliatannya mudah setelah baca ini. Tapi...beli aja deh😁

    ReplyDelete
  11. Kembang api ini permainan waktu kecil ketika bulan puasa hehehhe. Sebentar lagi mendekati bulan puasa jadi seru sambil bermain kembang api.

    ReplyDelete
  12. Aduh kayaknya beli aja deh ya tinggal hidupin pakai korek🀭. ramadhan kurang 2 bulanan lagi nih tapi tempat ku dah banyak yang jual.otomatis para emak emak disini dah pada di todong beli kembang api klo ke pasar.pedagang seneng emak emak senepπŸ€­πŸ€­πŸ˜‚πŸ˜‚.

    ReplyDelete

7 Langkah Mudah Membuat Yoghurt Rumahan Sendiri

  Siapa yang tidak tahu yoghurt? Yoghurt, berasal dari bahasa Turki, yo ğ urt (dieja yogurt) adalah produk hasil olahan susu yang dibuat ...